Mencoba untuk Menuangkan Apa yang Ada di Dalam Pikiran ke Dalam Sebuah Tulisan...
Thursday, October 6, 2011
Basic Korean Lesson part 2
도
♥Sama dengan ‘also / too’ dalam tatanan Bahasa Inggris.
♥ Dilekatkan pada kata yang berperan sebagai subjek atau objek dalam sebuah kalimat.
♥ Contoh:
.....연필이 있어요. 지우개도 있어요.
.....Yeonpiri isseoyo. Jiugae-do isseoyo
.....Ada pensil. Ada penghapus juga.
.....There is pencil. There is eraser too.
.....나도 사랑해요.
.....Na-do saranghaeyo.
.....Aku juga cinta kamu.
.....I love you too.
________________________________________________________________________
에
♥Memiliki dua fungsi sbb:
....1. Berfungsi sebagai penunjuk arah / waktu / tempat (sama dengan ‘in / at / to’ dalam tatanan Bahasa ........Inggris).
....2. Menghitung satuan unit (sama dengan ‘a / per / by’ dalam tatanan Bahasa Inggris).
..... Penunjuk tempat / waktu / arah
............•>Sebagai penunjuk tempat:
................학생이 교실에 있어요.
................Haksaengi gyosire isseoyo.
................Pelajar ada di kelas.
................Student is in the classroom
.
............•>Sebagai penunjuk waktu:
................아침 5시에 이러나요.
................Achim dasotsi-e ironayo.
................Saya bangun pada jam 5 pagi.
................I wake up at 5 AM.
............•> Sebagai penunjuk arah:
................은행이 가요.
................Eunhaeng-i gayo.
................Saya pergi ke bank.
................I go to the bank.
............... •>Menghitung satuan unit
................천 루피아에 세 개이에요
................Cheon rupiah-e se gae-ieyo.
................Rp 1.000 per tiga buah.
................1000 rupiah per 3 items.
________________________________________________________________________
에서
♥ Memiliki tiga fungsi sbb:
....1. Berfungsi sebagai indikator titik awal (sama dengan ‘from’ dalam tatanan Bahasa Inggris).
.........• Contoh:
.......... 인도네시아에서 왔어요.
.......... Indonesia-eso wasseoyo.
.......... Saya datang dari Indonesia.
.......... I came from Indonesia.
.........Dalam bahasa lisan, 에서 biasa disingkat menjadi 서.
.........• Contoh:
.......... 인도네시아서 왔어요.
.......... Indonesia-seo wasseoyo.
....2. Tempat dimana sebuah aktivitas berlangsung (sama dengan ‘at / in’ dalam tatanan Bahasa Inggris).
.........• Contoh:
.......... 교실에서 공부해요.
.......... Gyosireseo gongbuhaeyo.
.......... Saya belajar di kelas.
.......... I study in the classroom.
....3. Sebagai subjek jika subjeknya berupa grup atau organisasi.
.........• Contoh:
.......... 대삭완에서 주최했어요.
.......... Daesagwan-eseo juchehaesseoyo.
.......... Kedutaan besar menyelenggarakan itu.
.......... The embassy hosted it.
_________________________________________________________________________
의
Menyatakan Kepemilikan (Possessive)
♥ Digunakan untuk menunjukkan kepemilikan suatu benda. Sama dengan 'of' dalam tatanan Bahasa Inggris.
♥ Dilekatkan pada kata benda. Jika 의 bertemu dengan 나 / 너 / 저, maka:
.... 나 + 의 = 내
.... 너 + 의 = 네
.... 저 + 의 = 제
♥ Contoh:
....
노래의 제목을 몰라요.
....Norae-eui jemogeul mollayo.
....Saya tidak tahu judul lagunya.
....I don’t know the title of the song.
....제 운동화가 어디예요?
....Je undonghwaga odiyeyo?
....Dimana sepatu olahraga saya?
....Where are my sport shoes?
♥ Penulisan 의 dapat dihilangkan bila hubungannya sangat jelas.
....
오늘의 날씨.
....Oneureui nalssi.
....Cuaca hari ini.
....Today’s weather.
....menjadi:
....오늘 날씨.
___________________________________________________________________________
에게, 한테, 께
Partikel Pelengkap (Dative Particle)
♥ Digunakan untuk menyatakan kepada~.
♥ 에게 : bentuk biasa.
....한테 : lebih halus daripada 에게, dan biasa digunakan dalam bahasa lisan.
....께.... : bentuk hormat.
♥ Contoh:
....친구에게 편지를 보내요.
....Chin-gu-ege pyeonjireul bonaeyo.
....Saya mengirim surat kepada teman.
....I send a letter to friend.
....누구한테 선물을 줄 거예요?
....Nuguhante seonmureul geoyeyo?
....Kepada siapa kamu akan memberikan hadiah?
....To whom will you give the gift?
....부머님께 선물을 드릴 거예요.
....Bumonimkke seonmureul deuril geoyeyo.
....Saya akan memberikan hadiah kepada orang tua saya.
....I will give the gift to my parents.
___________________________________________________________________________
에게서, 한테서, 께로부터, (으)로부터
Partikel Pelengkap (Dative Particle)
♥ Digunakan untuk menyatakan dari (seseorang)~.
♥ 에게서........:....bentuk biasa.
....한테서........:....biasa digunakan dalam bahasa lisan.
....께로부터... :...bentuk hormat.
....(으)로부터 :.. bisa digunakan untuk individu maupun organisasi
♥ Contoh:
....
친구에게서 편지를 받아요.
....Chin-gu-egeseo pyeonjireul badayo.
....Saya mendapat surat dari teman.
....I get a letter from my friend.
....누구한테서 선물을 받았어요?
....Nuguhanteseo seonmureul badasseoyo?
....Kamu mendapat hadiah dari siapa?
....From whom did you get the present?
....선생님께로부터 선물을 받았어요.
....Seonsaengnim-kkerobuteo seonmureul badasseoyo.
....Saya mendapat hadiah dari guru.
....I got the present from teacher.
....학교로부터 성적표를 받아요.
....Haggyorobuteo seongjeokpyoreul badayo.
....Saya menerima kartu laporan dari sekolah.
....I receive a report card from school.
....직장으로부터 팩스를 받았어요.
....Jikjang-eurobuteo paekseureul badasseoyo.
....Saya menerima fax dari kantor.
....I received a fax from the office.
Labels:
bahasa korea,
korea,
Musik
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Wah :) jadi tau dikit banyak lagi soal bahasa korea..
ReplyDeleteehmmm :D
salam kenal... :)
ReplyDeletemakasih udah berkunjung...
suka bahasa korea juga??